Cara Mengatasi Baterai Boros/Cepat Habis di Android

FanPedia





Anda mungkin pernah merasa kesal dengan baterai ponsel Android terasa cepat habis. Atau memang anda membaca artikel ini, karena sedang mengalami masalah tersebut? Anda sedang membaca artikel yang tepat, artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya yang berarti tentunya semua tips yang akan saya bagikan ini tentu sudah terbukti.

Namun sebelum lanjut pada pemecahan masalah baterai boros ini, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab baterai cepat habis ini.


Penyebab Baterai Cepat Habis


1. Kecerahan


Atur kecerahan sesuai kebutuhan, jangan gunakan kecerahan terlalu cerah. Selain berefek pada baterai, juga banyak teman-teman saya yang mengalami efek burn-in pada layar(ingat kata pepatah 'segala yang berlebihan itu tidak baik')


2. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi


Membuka aplikasi terlalu banyak pada satu waktu selain mempengaruhi RAM juga berpengaruh terhadap penggunaan baterai.


3. Menggunakan Ponsel Ketika di Charge


Seringkali kita menggunakan ponsel saat di cas, padahal hal itu dapat berisiko pada umur baterai. Terlebih bagi anda yang doyan nge-gim, acap kali ini sudah menjadi kebiasaan yang lumrah dilakukan.


4. Sinyal tidak Stabil


Fakta yang jarang orang ketahui bahwa sebenarnya sinyal yang kurang stabil dapat berdampak pada baterai. Hal ini disebabkan karena sinyal yang tidak stabil menambah kinerja sensor sinyal pada ponsel yang tentunya berimbas pada penggunaan baterai.


5. Adanya Bug Pada Aplikasi


Nyatanya tidak ada software yang benar-benar sempurna, semua aplikasi pasti memiliki bug. Namun semua tergantung dari jenis bug itu sendiri apakah berdampak besar atau tidak terasa sama sekali.


6. Instal Sembarang Aplikasi


Bagi anda yang sering menginstal aplikasi diluar PlayStore, seperti dari google atau dari sembarang situs. Mulai saat ini anda patut waspada, karena banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menanamkan virus/malware kedalam aplikasi yang mereka buat.


7. Baterai KW/Bukan Ori


Handphone yang sudah tidak memakai baterai ori bawaan biasanya akan mengalami kendala pada batera. Mulai dari baterai yang cepat habis, sampai umur baterai yang pendek.


Mengatasi Baterai Cepat Habis/Boros


1. Restart Ponsel



    Tekan tombol power

    lalu pilih nyalakan ulang


catatan: bila tidak muncul, dapat menekan tombol power kurang lebih sekitar 30 detik, hingga ponsel otomatis me-restart.

Mungkin terdengar sederhana, namun dengan merestart hp dapat membuat ponsel kita memulihakan kembali ponsel dari segala aktifitas yang sedang berjalan. Serta menghapus semantara cache yang digunakan.


2. Batasi Aplikasi yang Banyak Menggunakan Baterai di Latar Belakang


Dari sekian banyaknya penyebab borosnya baterai, hal ini mungkin yang banyak tidak disadari oleh penguna. Yup, penggunaan baterai di latar belakang oleh aplikasi bawaan ataupun aplikasi yang pernah anda install sebelumnya. Untuk mengatasi masalah ini:


    Buka Setelan

    Pilih Baterai & Performa

    Kemudian ketuk 'Penggunaan baterai'

    Pada bagian 'Penggunaan baterai sejak terisi penuh', silahkan lihat daftar aplikasi dengan persentasi penggunaan baterai. Lalu pilih aplikasi yang banyak memakan penggunaan baterai dengan mengklik app tersebut lalu batasi di latar belakang


catatan: setelan setiap ponsel bervariasi, jadi sesuaikan sesuai jenis ponsel yang anda gunakan.


3. Uninstal Aplikasi yang Bermasalah



    Buka Setelan

    Ketuk menu Kelola Aplikasi

    Pilih aplikasi yang berisiko menyebabkan borosnya baterai

    Lalu tap Uninstal


catatan: setelan setiap ponsel bervariasi, jadi sesuaikan sesuai jenis ponsel yang anda gunakan.


Untuk aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus kita dapat mengakalinya dengan menonaktifkan aplikasi tersebut.




4. Update Aplikasi


Banyak yang sering menyepelekan hal ini, padahal dampak yang diberikan cukup besar. Memang untuk mengupdate aplikasi memerlukan kuota tambahan, akan tetapi dengan mengupdate aplikasi banyak manfaat yang didapat. Biasanya pihak developer akan membawa perbaikan bug dan meningkatkan sistem keamanan pada aplikasi buatannya.



    Masuk ke PlayStore

    Klik menu, pilih Aplikasi & game saya

    Lalu update semua aplikasi atau aplikasi yang sekiranya anda butuhkan




5. Update OS


OS/Sistem operasi yang sudah usang juga berperan dalam hal ini, karaena biasanya os jadul/lawas akan semakin tertinggal dengan adanya update aplikasi oleh developer. Selain itu google selaku pemiilk android juga sudah tidak memberikan update patch keamanan untuk os lawasnya. Untuk mengupdate os dapat dilakukan :



    Buka Setelan

    Klik Tentang ponsel

    Ketuk 'Pembaharuan sistem'




catatan: setelan setiap ponsel bervariasi, jadi sesuaikan sesuai jenis ponsel yang anda gunakan.




6. Reset Setelan Pabrik


Cara ini memang berisiko dan memang merupakan cara alternatif yang tidak saya anjurkan, apabila langkah diatas tidak ada yang mempan. Perlu diingat bahwa dengan mereset ponsel berarti anda akan menghapus seluruh data yang ada pada ponsel. Maka dari itu sebelum melakukan reset ponsel lakukan Backup data penting anda terlebih dahulu. Bagi Anda yang belum tahu cara reset ponsel yang baik dan benar itu seperti apa sih? Silahkan langsung ke link berikut




7. Ganti Baterai


Jika kesemua langkah diatas telah dilakukan namun belum juga memiliki perubahan yang signifikan, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan mengganti baterai. Yap, umur baterai yang telah usang bisa merupakan faktor terbesar terjadinya masalah baterai yang boros. Dalam mengganti baterai usahakan menggunakan baterai ori lagi, jikalau tidak ada gunakanlah produk baterai yang terjamin dan berkualitas.




Sekian untuk artikel kali ini, bila ada masalah lain silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah.

Komentar : Cara Mengatasi Baterai Boros/Cepat Habis di Android