Cara Cas Hp yang Baik dan Benar di Android/iPhone

FanPedia


    Semua orang yang memiliki ponsel mungkin tahu cara cas hp, karena hal ini merupakan hal yang sangat dasar bagi setiap pengguna. Namun apakah Anda sudah tahu bagaimana cara cas hp yang baik dan benar? Dan kenapa sih cas Hp itu harus dilakukan dengan benar? Ada berbagai alasan seperti menjaga kualitas baterai agar tidak cepat boros, meningkatkan experience  penggunaan, dan yang pasti agar kita tidak sering terus-terusan men-cas hp. Lantas bagaimana cara mencharge hp yang baik dan benar?

Berikut beberapa tips  men-cas hp/ponsel yang baik & benar menurut FanPedia :

  1.  Colokan Konektor USB/Type C/Lightning ke HP terlebih dahulu
  2. Kemudian anda colokan kepala casan ke terminal listrik
Anda mungkin tidak sadar, hal sederhana seperti diatas dapat berpengaruh pada baterai. Saya yakin Anda pernah melakukannya dengan tepat seperti diatas ataupun dibalik. Ini merupakan cara terbaik yang dapat anda lakukan agar menjaga keawetan baterai.
Kenapa harus seperti ini? padahal ini merupakan hal yang lumrah kita lakukan, karena acap kali kita sering membalik langkah diatas. Selain itu dengan memasukan port pada hp terlebih dahulu dapat meminimalisir efek kejut dari listrik pada ponsel kita. Nah begitu alasannya sobat!

Berikut tips-tips lain yang harus diperhatikan ketika men-cas hp;
1. Gunakan Charger Asli
Gunakanlah charger Ori/bawaan ponsel Anda, hal ini sangat penting karena jika kita menggunakan charger yang tidak tahu kualitasnya maka malah akan berdampak buruk pada baterai. Terus gimana dong kalau casan ori saya hilang atau tidak ada? Anda bisa membeli baterai ori serupa di toko resmi merk hp Anda, atau juga bisa membeli merk casan yang lebih terjamin.

2. Jangan Cas Sampai 100%
Hayo ngaku Anda pasti pernah mengecas hp semalaman, padahal mengecas semalaman memiliki efek buruk pada baterai karena ponsel akan mengalami over-charge.

3. Cas Sebelum Benar-Benar Habis
Usahakan cas hp sebelum benar-benar habis 0%, hal kecil seperti ini pun berpengaruh pada baterai. Meskipun kita tahu bahwa ponsel keluaran masa kini tidak akan benar-benar dimatikan hingga benar-benar 0%, biasanya masih tersisa 1-2%. Namun Anda jangan menyepelekan hal ini, seperti kata pepatah 'mencegah lebih baik dari pada mengobati.

4. Matikan Ponsel
Apakah anda tahu dengan mematikan ponsel saat mencharge hp, dapat mengurangi beban penggunaan baterai.

5. Hindari Cas Lewat PC/Laptop
Entah kenapa saya sering melihat orang yang cas hp melalui laptop/pc dengan alasan cepat terisi atau ini itu lah. Namun pengisian melalui laptop ini berisiko bila daya yang dihantarkan dengan kemampuan ponsel yang mungkin kurang mendukung (namun sesekali boleh lah, the power of kepepet hehe)

6. Hindari Penggunaan
Usahakan hindari penggunaan ponsel  ketika ponsel sedang di cas, hal ini dikarenakan ketika kita menggunakan hp saat di cas otomatis aplikasi yang kita gunakan memakan daya serta membuat proses cas menjadi lebih lama. Selain aplikasi yang sedang kita gunakan ada pula aplikasi di  latar belakang yang akan terus berjalan seperti app sistem hp.

Itulah langkah dan beberapa tips seputar Cara Cas HP/Ponsel yang baik & benar, mohon maaf bila ada salah kata. Mohon tinggalkan kritik dan saran yang membangun, agar FanPedia dapat terus memberikan informasi yang bermanfaat untuk semua.

Komentar : Cara Cas Hp yang Baik dan Benar di Android/iPhone