Ads

Cara Mencegah dan Mengatasi Burn-In di HP Redmi Note 7

Ponsel Redmi Note 7 merupakan salah satu HP keluaran merek Xiaomi yang memiliki jumlah penjualan yang cukup fantastis, bagaimana tidak, pada awal masa penjualannya saja sudah terjual hingga 15 juta unit dan pernah dijuluki sebagai HP ghoib pada masanya. Karena saking susahnya untuk mendapatkan ponsel ini pada waktu itu.

Namun perlu diketahui bahwa tidak sedikit pengguna yang memiliki keluhan dengan HP Redmi Note 7 ini, salah satu keluhan yang sering dialami pengguna yaitu adanya burn in. Perlu diketahui pengertian burn in itu sendiri adalah  kondisi dimana layar menampilkan bayangan gambar atau ghost image layar yang sebelumnya telah dibuka. Tentunya hal ini sangat mengganggu pengguna, karena layar yang ditampilkan bisa kurang jelas dengan adanya burn-in  di HP Redmi Note 7 ini. 

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Apakah masih bisa diperbaiki? Anda tidak perlu khawatir karena FanPedia sendiri sudah menggunakan ponsel ini selama kurang lebih 2 tahun dan sempat mengalami burn-in pada layar ini. Sebenarnya cara ini tidak hanya untuk series Redmi Note 7 saja akan tetapi untuk semua jenis HP xiaomi yang memiliki kasus yang sama. Berikut Cara Mencegah dan Mengatasi Burn-In di HP Redmi Note 7 :

Mengatasi atau Memperbaiki Burn-In

Aktifkan Mode Baca

  1. Untuk cara pertama adalah dengan mengangktifkan fitur mode baca, lantas dimanakah letak fitur ini? Caranya sangatlah mudah yakni:
  2. Scroll Status Bar atau Notifikasi Bar kebawah

Lalu akan terdapat ikon seperti mata, kemudian klik Mode Baca

Setelah aktif biasanya warna layar akan menguning, gunakan fitur ini secukupnya setiap hari. Fitur ini dapat membantu mengurangi burn-in pada layar, setelah fitur mode baca aktif Anda wajib melakukan langkah kedua yang akan FanPedia paparkan dibawah.

Menggunakan Aplikasi

Setelah langkah pertama dilakukan Anda harus memperbaiki masalah ini dengan sebuah aplikasi burn-in fix. Disini FanPedia sudah menyediakan aplikasi yang biasa FanPedia gunakan, berikut aplikasi dan langkah yang harus dilakukan:

  1. Buka Playstore lalu cari aplikasi bernama Screen Color Burn-In atau bisa langsung klik disini untuk mengunduh
  2. Setelah terunduh, lalu buka aplikasi tersebut
  3. Sekarang adalah tahap eksekusinya, silahkan full kan kecerahan layar ke 100%
  4. Kemudian pilih menu REPAIR MULTICOLOR 

  5. Maka akan muncul sebuah menu untuk memilih seberapa lama layar akan diperbaiki, disini FanPedia sendiri biasnya menggunakan waktu minimal 10 menit untuk proses repair ini. Tergantung pada Anda ingin memilih durasinya, usahakan jangan dibawah 10 menit 

Lalu klik Mulai atau Begin

Biarkan HP melakukan repair dengan mengeluarkan berbagai macam warna untuk di tes dan diperbaiki.

Catatan:

  • Bila pada saat proses waktu perbaikan layar hp mati, silahkan set terlebih dahulu waktu tidur layar Anda ke Never atau Tidak Pernah.
  • Lakukan cara ini rutin setiap hari agar hasil maksimal

Ganti ROM atau Reset HP

Opsi untuk menganti ROM pun patut Anda coba bila kedua cara di atas belum berhasil, namun perlu diingat untuk melakukan proses ganti ROM Anda harus memperhatikan langkah Reset HP yang Benar

Mencegah Layar Burn-In

  • Gunakan kecerahan layar dibawah 50%, hanya gunakan layar di atas itu untuk keperluan penting atau saat sedang diluar ruangan saja
  • Hindari penggunaan layar pada saat ponsel sedang di cas
  • Aktifkan mode baca pada saat melakukan kegiatan membaca di HP
  • Hindari penempatan ponsel pada posisi yang sempit, misalnya di saku celana yang sempit.

Memang burn-in ini sendiri merupakan masalah yang dapat terjadi pada layar yang tidak hanya berjenis Amoled saja melainkan IPS juga dapat merasakan dampaknya. Maka dari itu rutin lah menjaga ponsel Anda agar awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah dan Mengatasi Burn-In di HP Redmi Note 7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel