Ads

AWAS!!! Cara Membersihkan File Sampah Menghapus Cache Xioami



Pada kesempatan kali ini FanPedia akan mengulas artikel mengenai Cara Membersihkan File Sampah Menghapus Cache Xioami. File Sampah atau Cache pada sampah memang merupakan suatu masalah yang sangat sering dihadapi pengguna Android, terutama untuk salah satu brand yang menggunakan sistem operasi Android yakni Xiaomi.

Fil sampah yang kian menumpuk setiap harinya akan membebani kinerja ponsel sehingga membuat ponsel menjadi lelet bahkan untuk membuka aplikasi tertentu yang lumayan ringan sekalipun membutuhkan loading lama. Selain itu file cache ini juga akan membuat size penyimpanan HP kita menjadi berkurang, tak ayal banyak pengguna yang mengeluhkan selalu munculnya notifikasi penyimpanan penuh, padahal mereka telah menghapus file gambar atau video yang sekiranya tidak diinginkan. Akan tetapi masih saja notifikasi penyimpanan tersebut selalu muncul, mungkin salah satu penyebab masalah tersebut adalah menumpuknya file sampah tersebut.

Selain itu, semakin menumpuknya file sampah atau cache di HP Xiaomi juga akan membuat kinerja baterai HP semakin terkuras. Akibatnya, bisa berdampak pada umur baterai yang semakin pendek dan sering ngedrop. Maka dari itu FanPedia akan memberikan  Cara Membersihkan File Sampah di HP Xioami.


Melalui Aplikasi Bawaan Xiaomi

Bila Anda tidak ingin repot-repot menginstall aplikasi tambahan lagi, untungnya ponsel jajaran xiaomi ini telah di bekali aplikasi bawaan untuk dapat menghapus file sampah melalui aplikasi bawaanya. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

Buka aplikasi bawaan Xiaomi yanbg bernama Keamanan atau Security

Pilih menu Pembersih atau ikon Sampah


maka secara otomatis aplikasi akan men-scan otomatis file sampah yang terdapat pada smartphone kita.

Setelah proses scan selesai, maka akan ditampilkan daftar aplikasi dan folder apa saja yang memakai banyak cache.

Untuk membersihkan, Klik Bersihkan atau Clean up



Selesai, kini ponsel Anda bebas dari file sampah tersebut.


Menghapus File Cache Melalui Pengaturan

Selain menggunakan aplikasi bawaan xiaomi tadi, kita juga dapat menggunakan pengaturan atau settings Xiaomi.

Buka Pengaturan atau Settings di HP Xiaomi

Masuk ke menu Perangkat saya

Kemudian tap pada opsi Penyimpanan

Klik Bebaskan ruang, maka akan menscan file cache di HP kita

Setelah selesai melakukan proses scanning, klik Bersihkan

Catatan : FanPedia menggunakan MIUI 12, beda versi MIUI maka akan berbeda pula letak pengaturan, jadi bisa disesuaikan dengan versi MIUI yng berada pada ponsel Anda.


Untuk file sampah ini akan terus ada seiring dengan berjalannya aplikasi yang kita gunakan, jadi rajin-rajinlah untuk membersihkan file cache agar tidak menumpuk.

Belum ada Komentar untuk "AWAS!!! Cara Membersihkan File Sampah Menghapus Cache Xioami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel