Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

 

cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka cara mengatasi google play store tidak bisa dibuka cara memperbaiki play store yang tidak bisa dibuka cara mengatasi playstore tidak bisa dibuka cara perbaiki play store tidak bisa dibuka memperbaiki play store yang tidak bisa dibuka cara membenarkan play store yang tidak bisa dibuka cara mengatasi google play tidak bisa dibuka cara membetulkan play store yang tidak bisa dibuka cara memperbaiki aplikasi play store yang tidak bisa terbuka cara mengatasi google play game tidak bisa dibuka cara mengatasi youtube dan play store tidak bisa dibuka cara mengatasi google play store yang tidak bisa dibuka cara mengatasi google playstore tidak bisa dibuka cara mengatasi playstore yang tidak bisa dibuka cara memperbaiki play store tidak bisa dibuka cara memperbaiki google play yang tidak bisa dibuka cara perbaiki playstore yang tidak bisa dibuka mengatasi google play store tidak bisa dibuka memperbaiki play store tidak bisa dibuka cara mengatasi google play yang tidak bisa dibuka cara memperbaiki aplikasi play store yang tidak bisa dibuka



Google Play Store sesuai namanya merupakan aplikasi resmi milik Google dimana kita dapat mengunduh berbagai macam Aplikasi,  Game, Buku, dan lain-lain. Banyak sekali berjuta apps yang terdapat dalam Play Store. Tentu kita tahu tak seperti aplikasi pesaing terberatnya yakni App Store yang memiliki jumlah aplikasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan PlayStore. Hal ini bukan tanpa alasan pihak Apple sangat lebih berhati-hati dalam memasukan apps, untuk menjaga Aplikasi nya lebih aman dari adanya malware, virus dan semacamnya.

Berbeda dengan Google Play Store yang lebih terbuka dengan banyak Aplikasi dan game, namun tentu saja pihak google juga memiliki standard yang tinggi dalam memasukan aplikasi ke dalam PlayStore. Memang hanya saja lebih rentan terhadap adanya malware dan virus. Selain masalah tersebut juga terdapat masalah lainnya seperti yang akan FanPedia bahas pada kali ini yakni cara memperbaiki google play store yang tidak bisa dibuka Untuk HP Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, dan semua jenis tipe HP Android lainnya.

Periksa Koneksi Internet

Pastikan koneksi Internet Anda baik itu jaringan Wi-Fi atau jaringan seluler memiliki koneksi yang kuat. Masalah paket tidak bisa buka ini juga dapat terpengaruh dari koneksi yang kurang baik, karena berpengaruh pada proses mendownload yang mengakibatkan  file aplikasi atau games korup, rusak dan lain halnya.

 

Pastikan Waktu dan Tanggal Sesuai

    Selanjutnya adalah memastikan untuk pengaturan waktu dan tanggal pada HP telah selaras, biasanya jika tanggal dan waktu pada smartphone yang tidak sesuai akan mengakibatkan perangkat tidak tersinkronisasi ke server. Untuk menyelaraskan waktu dan tanggal pada hp dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Buka Setelan pada HP Anda
  2. Kemudian pilih menu Tanggal dan Waktu atau Data And Time 
  3. Lalu aktifkan otomatis tanggal & waktu (Gunakan waktu yangdisediakan jaringan)
  4. Hidupkan juga Zona Waktu pada menu ini.
  5. Setelah semua pengaturan waktu otomatis dihidupkan, kemudian buka kembali aplikasi Google Play Store.

Catatan : Letak Setting setiap ponsel berbeda-beda untuk setiap model, jadi sesuaikan dengan HP yang sedang Anda gunakan.


Non-aktifkan Aplikasi Yang Berjalan

    Berikutnya yang dapat menyebabkan google play store yang tidak bisa dibuka adalah penuhnya penyimpanan RAM (Random Access Memory) dikarenakan banyaknya game atau aplikasi yang Anda buka secara bersamaan. Hal ini akan menyebabkan RAM tersebut penuh sehingga ketika Anda hendak membuka aplikasi Google Play Store tidak dapat dibuka sebagai mana mestinya. Untuk menghapus aplikasi atau game yang berjalan pada ram atau latar belakang hp dapat dilakukan dengan cara :

  • Swipe up ke atas dari bawah layar
  • Kemudian tekan ikon clear
Atau juga secara manual dapat dilakukan melalui:
  • Buka Pengaturan di HP Anda
  • Lalu masuk ke menu Aplikasi
  • Pilih Manage Apps
  • Pilih Kembali semua aplikasi yang berjalan satu persatu
  • Setelah itu ketu menu Hapus Cache atau Clear Cache



Uninstall atau Copot Pembaharuan Play Store

Untuk kasus ini biasanya jarang terjadi, namun patut Anda coba karena biasanya pembaruan otomatis play store sendiri sering dilakukan di latar belakang sehingga banyak pengguna yang tidak menyadari adanya pembaruan ini. Bisa saja dari pembaruan tersebut terdapat error atau kesalahan pada saat proses installasi versi tersebut. Untuk cara uninstall pembaruan Google Play Store ini cukup mudah seperti berikut :

Uninstall atau Copot Pembaharuan Play Store Langsung Melalui Homepage

  • Pilih aplikasi Google Play Store di HP Anda
  • Ketuk lama pada ikon play store tersebut hingga muncul menu Info Aplikasi, kemudian klik.
  • Pilih menu Uninstal Pembaruan.
Catatan : Untuk cara ini biasanya hanya dilakukan pada HP tertentu yang mendukung, jika ponsel Anda tidak dapat langsung melalui homepage ini dapat melakukan cara manual selanjutnya.

Uninstall atau Copot Pembaharuan Play Store Lewat Pengaturan

  • Buka Pengaturan Hp
  • Pilih menu Aplikasi
  • Masuk ke menu Kelola Aplikasi
  • Pilih aplikasi Google Play Store
  • Klik menu Uninstall Pembaruan.
  • Setelah berhasil di copot versi terbaru tersebut, buka kembali google play store Anda.

Update Google Play Store

Untuk cara ini adalah kebalikan dari cara diatas, mungkin versi google play store yang telah usang dapat menyebabkan tidak bisa dibuka.
 

Update Google Play Store Langsung

 Buka aplikasi Google Play Store yang terinstall di HP Anda
Pilih ikon menu yang terletak di pojok kanan atas
Pilih menu Setelan
Kemudian ketuk menu Tentang
Scroll hingga menemukan menu Update Play Store, kemudian klik.
Maka secara otomatis akan memulai proses unduhan untuk versi terbaru, tunggu hingga terunduh dan terinstall secara sempurna di HP Anda.
 

Update Google Play Store Manual

 
Untuk mengupdate Google Play Store bisa dengan melalui pencarian Google, usahakan aplikasi yang diinstall tersebut berasal dari sumber yang terpercaya.

 

Bersihkan / Hapus Cache & Data Google Play Store

Untuk dapat menghapus data dan cache dapat dilakukan dengan:

  1. Buka Setelan  Setelan.
  2. Pilih menu Aplikasi (Setiap jenis HP memiliki menu yang berbeda)
  3. Cari aplikasi PlayStore Google Play
  4. Ketuk Kelola Penyimpanan 
  5. Kemudian hapus Cache dan Data

Jika telah melakukan cara di atas kemudian coba kembali untuk membuka PlayStore dan melakukan download ulang aplikasi yang hendak Anda download


Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka dengan Restart HP

Jika cara di atas tidak berhasil cobalah untuk me-restart ponsel Anda, meskipun terdengar sederhana dengna memulai ulang perangkat akan memulai ulang juga kinerja ponsel sehingga lebih fresh untuk digunakan. Untuk cara restart hp adalah seperti berikut :

  • Tekan serta tahan tombol power HP Anda, biasanya terletak di sisi HP Anda dan bersebelahan dengan tombol volume.
  • Kemudian muncul pop-up menu, lalu pilih Restart atau Mulai Ulang
  • Lalu tunggu beberapa saat hingga ponsel akan secara otomatis mematikan kemudian menghidupkan kembali perangkat.

Setelah hp berhasil di restart, buka kembali aplikasi Google Play Store apakah sudah dapat berjalan normal seperti sedia kala.

Periksa Penyimpanan

Biasanya ruang penyimpanan yang hampir penuh juga dapat berpengaruh, karena jika ruang penyimpanan sudah tidak ada lagi, maka Aplikasi tidak memiliki ruang untuk terinstall pada ponsel Anda. Oleh karena itu pastikan terdapat cukup ruang, atau bila terlanjur penuh bisa memndahkan data-data Anda ke memory card atau Laptop/PC.


Hapus Cache dan Data Layanan Google Play Service

Sama seperti cara kedua yakni dengan menghapus data Aplikasi yang bernama Layanan Google Playstore

  1. Buka Setelan  Setelan.
  2. Pilih menu Aplikasi (Setiap jenis HP memiliki menu yang berbeda)
  3. Cari aplikasi Google Play Service / Layanan Google Play
  4. Ketuk Kelola Penyimpanan 
  5. Kemudian hapus Cache dan Data

Update OS ke Versi Terbaru

Bukan tidak mungkin bila sistem operasi yang telah usang akan menyebabkan kegagalan membuka apliksi google play store. Silahkan periksa apakah ada update untuk perangkat yang sedang Anda gunakan. Dengan mengupdate OS ke versi terbaru dapat memulihkan sistem sebagai mana mestinya.

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka Reset atau Login Ulang E-mail Google

Jika ke semua cara di atas masih belum dapat berhasil silahkan coba untuk login ulang ke akun Anda. Namun perlu diingat sebelum melakukan login ulang ini pastikan Anda telah men-singkronkan ponsel Anda ke internet, agar data akun Anda tidak hilang.

  • Buka Setelan  Setelan.
  • Pilih menu Akun & Sinkronisasi
  • Pilih Google

Kemudian hapus akun

Setelah akun terhapus silahkan lakukan login ulang kedalam akun tersebut.

 

Nonaktifkan VPN dan Proxy

Bila Anda saat ini sedang menggunakan VPN atau Proxy tertentu, mungkin saja hal ini yang dapat menjadi penyabab mengapa Google Play Store Tidak Bisa Dibuka. Silakan matikan terlebih dahulu untuk vpn terebut kemudian buka kembali aplikasi play store.

Reset Host (Root)

Untuk melakukan cara ini pastikan perangkat Anda telah dalam posisi root, berikut cara reset host di Android.

  • Install aplikasi Root Explorer
  • Ubah menu Mount R/W yang terletak di menu setting menjadi Read and Write kemudian centang.
  • Masuk ke menu Direktori HP
  • Pilih folder direktori System Etc.
  • Disitu akan terdapat file host, silakan buka.
  • Kemudian pilih Open in a Text Editor
  • Pada file tersebut akan muncul banyak sekali alamat-alamat host hapus semua dan sisakan atau tulis '127.0.0.1 localhost'
  •  Setelah selesai kemudian simpan.
  • Lakukan Restart HP

Factory Reset atau Mengembalikan Ponsel ke Setelan Pabrik

Seblum Anda melalakukan reset ponsel alangkah baiknya untuk membackup data-data yang tersimpan di HP Anda, untuk melakukan restore hp bisa mengunjungi artikel FanPedia sebelumnya Cara Reset HP Yang Baik & Benar/Setel Ulang ke Setelan Pabrik.


Semoga berhasil ya dan dapat membantu Anda semua, seperti biasa bila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah, FanPedia akan membantu sebisa mungkin ya, Terimakasih.

Komentar

Postingan Populer