Cara Mengatasi HP Mati Dan Nyala Ketika Di Charger

hp mati dan nyala ketika di charger hp samsung mati dan nyala ketika di charger hp di cas langsung nyala hp oppo mati dan nyala ketika di charger hp tidak menyala saat di cas hp tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup hp di cas nyala sendiri cara mengatasi hp mati sendiri jika charger dicabut


Kenapa hp mati dan nyala ketika di charger? Mungkin Anda yang berkunjung untuk membaca artikel ini saat ini sedang mengalami masalah dimana hp mati sendiri jika charger dicabut. Nyatanya kondisi seperti ini memang juga dirasakan oleh pengguna Android lain, tentunya kondisi ini akan sangat mengganggu aktifitas kita dalam menggunakan smartphone.

Dimana kita harus selalu mencolokkan hp ke casan, sehingga akan berdampak pada usia baterai dan hp itu sendiri. Karena jika digunakan secara bersamaan untuk mengecas dan sambil melakukan kegiatan aktifitas di hp menurut FanPedia akan kurang bagus. Meskipun teknologi hp saat ini sudah sangat canggih karena menurut beberapa pakar teknologi hal ini masih sangat bisa untuk melakukan proses charging sambil kita menggunakan hp tersebut.

Namun meskipun begitu menurut pendapat pribadi FanPedia akan lebih baik dan bijak membiarkan hp melakukan charging tanpa ada aktifitas apapun baik itu dalam kondisi hidup maupun dengan mematikan hp baru kemudian melakukan proses cas. Hal ini bukan tanpa alasan karena ponsel keluaran saat ini memiliki proses charging yang relative singkat, dengan mendukung fast charing hingga 120 watt. Tentunya untuk mengisi daya dari kondisi 1% hingga full hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar kurang dari 30 menit. 

Anda bisa melakukan charging sambil melakukan aktifitas lain diluar penggunaan hp, karena waktu yang kurang dari 30 menit bisa digunakan hingga seharian. Tentunya berbeda cerita jika ada keperluan mendesak dengan penggunaan hp sedangkan baterai sudah habis, sehingga mau tidak mau harus menggunakan hp sambil mengecas.

Kembali ke pokok pembahasan kita kali ini yakni bagaimana Cara Mengatasi HP Mati Dan Nyala Ketika Di Charger? Berikut akan FanPedia jabarkan beberapa penyebab dan cara mengatasi hp mati dan nyala ketika di charger di hp Oppo. Samsung, Realme, Xiaomi, Redmi, Poco, Vivo. Asus, Lenovo, Evercross, Infinix dan berbagai merk ponsel lainnya.


Penyebab HP Mati Dan Nyala Ketika Di Charger

Sebelum masuk ke poin-poin untuk mengatasinya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang jadi penyebab mengapa hp mati dan nyala ketika di charger. Pada umumnya masalah ini muncul dari usia baterai hp dan dari umur penggunaan hp nya itu sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan pula dari kebiasaan yang kurang baik seperti penggunaan hp sambil mengecas.

Biasanya sebelum munculnya masalah hp mari dan nyala ketika di charger ditandai dengan beberapa gejala awal berikut.

  1. Hp tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada
  2. Tiba-tiba melakukan restart sendiri
  3. Pada saat booting membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya

Berikut ini beberapa alasan penyebab hp mati dan nyala ketika di charger.

Menggunakan HP Sambil Mengisi Daya

Seperti yang telah FanPedia jelaskan diatas hp saat ini sudah sangat canggih, namun masih banyak juga yang masih menggunakan ponsel keluaran lama dan maupun keluaran baru juga tentunya hal ini masih kurang baik untuk dilakukan.

Karena akan menimbulkan panas yang berlebihan dan bahkan bisa menimbulkan suhu ekstrim, sehingga berdampak pada komponen-komponen hp.


Adaptor Baterai Rusak

Kepala charger yang rusak juga dapat menjadi penyebab mengapa masalah hp mati dan nyala ketika di charger bisa terjadi.


Baterai Kembung

Baterai yang kembung juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa hp mati dan nyala ketika di charger.

 

Konektor Baterai Longgar Atau Putus

Untuk dapat menghubungkan baterai dengan hp dibutuhkan konektor, nah kemungkinan bisa saja konektor tersebut mengalami kelonggaran bahkan hingga putus. Tentunya jika terjadi masalah pada konektor batre ini maka secara otomatis hp mengalami gangguan  bahkan hingga tidak bisa dihidupkan.


Baterai Rusak

Umur baterai memang tidak bisa berbohong, tentunya baterai sendiri memiliki usia pemakaian sehingga butuh untuk diganti.


IC Charging Rusak

Sesuai namanya fungsi IC ini berguna untuk dapat melakukan proses charing, jika terjadi kerusakan maka akan membuat proses charging error dan tidak bisa berjalan.


Cara Mengatasi HP Mati Dan Nyala Ketika Di Charger

Gunakan Charger Lain

Seperti yang telah FanPedia singgung diatas jika kepala charger juga dapat menjadi penyebab hp mati dan nyala ketika di charger dicabut. Cobalah untuk menggunakan charger lain yang sejenis bisa meminjam dari saudara atau teman terlebih dahulu untuk mengetahui hasilnya.

Jika dengan menggunakan charger lain masih belum bisa untuk mengatasinya, bisa mencoba cara-cara berikutnya ini.


Flash Ulang HP

Sebelum melakukan flash ulang atau reset ulang hp alangkah baiknya melakukan backup mencadangkan data-data Anda terlebih dahulu ke medi penyimpanan lain seperti Micro SD. Hard disk, SSD, Flashdisk dan lainnya.


Ganti Bateri HP

Pada umumnya masalah hp mati dan nyala ketika di charger terjadi dikarenakan baterai yang rusak atau kembung. Baterai rusak ini biasanya erat kaitannya dengan dari umur baterai itu sendiri, dengan seiringnya penggunaan baterai memiliki usianya tersendiri.

Lakukanlah pergantian baterai dengan yang baru, dan pastikan juga menggunakan baterai original kembali dari brand atau merk yang Anda gunakan saat ini. Banyak kasus yang mengganti baterai dengan baterai yang kurang terjamin kualitasnya dikarenakan harga yang murah, namun selang beberapa waktu banyak terjadi keluhan-keluhan seperti baterai cepat habis, sering drop dan lainya.

Maka dari itu gunakan baterai yang original agar lebih terjamin, bagi Anda belum bisa mengganti baterai sendiri bawalah ke service center terdekat di kota Anda masing-masing sesuai merk hp yang digunakan. Atau juga bisa menggunakan jasa service hp yang terpercaya.

 

Bawa Ke Service Center/Jasa Service

Jika ponsel hp Anda masih baru beli dan sudah muncul kasus hp mati dan nyala ketika di charger, Anda bisa mengajukan garansi ke galery service center terdekat di kota Anda untuk dilakukan perbaikan bahkan pada beberapa brand ponsel bisa diganti dengan unit baru.

Namun bagi Anda pengguna lama yang tidak ada garansi atau masa garansinya sudah hangus bisa membawa ke jasa service terpercaya yang jujur dan amanah terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan.


Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi HP Mati Dan Nyala Ketika Di Charger, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu khalayak ramai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar